Yang terlebih dahulu masuk surga tanpa hisab

Posted on May 7, 2011 by

2


Dari sebuah pengajian disampaikan oleh Ustadz, bahwa dalam sebuah riwayat disebutkan ada tiga golongan orang yang masuk surga tanpa hisab. Mereka bertiga langsung berada di depan pintu surga. Orang itu adalah:

  • Orang yang mati syahid dunia dan akhirat. Orang ini adalah yang meninggal dalam perjuangan menegakkan agama Allah swt. Tanpa perlu dimandikan, dikafani, disholatkan, tetapi langsung dimakamkan bersama pakaian yang digunakannya dalam berjuang. Adapun orang yang syahid dunia (seperti meninggal dalam mencari nafkah atau melahirkan) dan syahid akhirat saja (seperti meninggal dalam perjalanan menuju masjid) tidak masuk dalam golongan ini dan tetap diperlakukan pada jasadnya empat hal,  dimandikan, dikafani, disholatkan, dan dimakamkan.
  • Orang kaya yang mengikhlaskan hartanya di jalan Allah. Seperti kisah Abdurrahman bin ‘Auf, seorang sahabat Rasulullah saw sekaligus pengusaha sukses yang selalu mendermakan hartanya untuk kepentingan umat Islam.
  • Orang alim (ulama) yang menyampaikan ilmu yang bermanfaat.
Kemudian, siapa dari ketiga golongan orang tersebut yang terlebih dahulu masuk ke dalam surga?
Syahid mengatakan, yang pantas masuk terlebih dulu adalah Ulama. Lalu Ulama menjawab, bukan!. Dahulu sebelum menjadi ulama, yang membiayai saya untuk menuntut ilmu dan kemudian menyebarkannya dibantu oleh harta dari orang kaya yang dermawan. Dialah yang pantas masuk pertama.
Lalu orang kaya tadi menjawab, bukan! sepertinya Syahid yang masuk terlebih dahulu. Lalu syahid menjawab, bukan!
Perjuangan kami di jalan Allah juga dibiayai oleh harta dari orang kaya yang dermawan. Anda lah yang pantas masuk terlebih dahulu.
Akhirnya Syahid dan Ulama mendorong orang kaya yang dermawan tersebut untuk masuk ke dalam surga terlebih dahulu.
Wallahu a’lam bishshawwab.
Posted in: Kultum