Asarul Iman (Dampak Keimanan)

Posted on May 12, 2012 by

0


Para sahabat Rasulullah saw. mempertaruhkan nyawa demi keimanan mereka. Keimanan mereka dibina oleh Rasulullah dan berdampak dalam kehidupan mereka, menghasilkan pribadi yang utama pada saat itu.
Iman tersebut menjadikan mereka lebih tangguh dibandingkan dengan orang kafir.
Adapun dampaknya dari iman tersebut antara lain:
1. Ketenangan (as sakinah) . Malam hari mereka diisi dengan istirahat dan ibadah kepada Allah. Ketenangan tersebut meliputi ketenangan lahir dengan istirahat dan ketenangan batin dengan mengingat Allah.
2. Hamasah (semangat), dalam beribadah dan beramal saleh. Sebagai seorang mu’min, bekerja untuk keluarga adalah ibadah, dan bekerja untuk orang lain adalah amal saleh. Termasuk ketika mereka ditawarkan siapa yang hendak menginfakkan harta di jalan Alah, maka mereka berlomba untuk melakukannya.
3. Iltizam (komitmen) untuk menjadi pribadi yang berbeda sifatnya dengan orang kafir.
Semisal dalam hal kebiasaan, ritual ibadah.
4. Quwwah (kekuatan) , baik dalam hal fisik, fikriyah maupun ruhiyah (mental), seakan-akan satu orang mu’min sebanding dengan 10 orang kafir.
Dalam hal fisik contohnya pada Abu Ubaidah ibnul Jarrah yang kuat dalam peperangan, dalam hal fikriyah contohnya Za’id bin Tsabit yang mampu menguasai bahasa Ibrani dalam waktu yang cepat, dalam hal ruhiyah contohnya pada Abu Hurairah yang giat menuntut ilmu.

Iman itu akan kuat dengan pengorbanan.
Iman itu akan kuat dengan bersikap zuhud pada dunia.

Wallahu a’lam bishshawwab.

Posted from WordPress for Android