Surat Terbuka untuk Lembayung

Posted on January 18, 2014 by

0


Aslm.wr.wb.

Akhil karim rahimakumullah, apa kabar? Semoga antum sekeluarga selalu dlm lindungan Allah SWT.

Apa yang sedang dominan dlm keseharian antum akhir2 ini? Semoga antum selalu dlm kebaikan …

Sebagian dari kita mungkin sdg sibuk dgn keluarga & kebutuhannya. Sebagian yg lain mungkin sibuk dgn urusan pekerjaan. Sebagian mungkin sedang mengejar target ODOJ.

Di tengah2 kesibukan itu masihkah kita ingat dgn diri kita sendiri. Ingat saat lapar … tentu, karena saat itu perut kita meraung2 minta diisi. Ingat saat ngantuk … sudah tentu, karena mata kita langsung merespon jam biologis atau kelelahan kita. Saat tubuh fisik kita membutuhkan sesuatu maka ia akan memberikan sinyal shg kita sadar saat itu kita butuh sesuatu.

Nah, bagaimana dgn kebutuhan ruhiyah? Idealnya itu muncul saat2 menjelang waktu sholat tapi bagaimana jika bahkan saat sholat kita tidak bisa merasakannya sbg pemenuhan kebutuhan ruhiyah? Apa mungkin ada yg salah dgn saraf ruhiyah kita … mungkin pusat koordinasi saraf ruhiyah kita membeku. Ya … hati kita mengeras, krn tidak terbiasa distimulus dgn rasa lapar, haus dan kantuk. Lapar akan hikmah, haus akan ilmu dan kantuk akan ukhuwah.

Wallahu a’lam …
Saya sendiri merasakannya saat lama tidak tilawah bersama, juga saat tidak ada siraman ruhiyah rutin, atau silaturrahim hangat dgn saudara2 seiman. Maka tidak akan sama rasanya meski tilawah 1 juz/hari sendirian, menonton tausyiah pagi di teve, dan bercanda dgn rekan2 di kantor. Tidak ada yg menggantikan sensasi halaqoh … blm ada, entah ada atau tidak.

Semoga hati kita tdk lupa rasa2 itu. Indahnya bertemu sahabat, manisnya mengingat iman, dan mahalnya hikmah dalam kebersamaan ukhuwah.

Saat saya lulus SMA, saya dilepaskan oleh MR utk kuliah di kampus antah berantah dgn satu bekal saja: Al Ma’tsurat. Karena di dlmnya ada do’a utk saudara2 sehalaqoh, shg meski kami berjauhan hati2 kami saling menghibur dgn do’a yg tulus ikhlas. Semoga kita pun tetap demikian …

Ana uhibbukum fillah …

Waslm.wr.wb.

Abu Fida-Faqih-Faisal

Posted in: Curhat